Sabtu, April 25, 2009

Access Point-Router Linksys WRT 310N

Dari kode produk yang mengandung huruf N, dapatlah kita ketahui bahwa Linksys WRT 310N mendukung standar wireless N. Artinya, produk ini memiliki kecepatan melewatkan paket data sampai dengan 100 mega bit setiap detiknya.

Tanpa buang waktu, kami uji troughput Linksys WRT 310N dengan perangkat lunak NetIQ chariot dan PCMCIA wireless adapter Linksys WPC 300N pada komputer client. Hasilnya, tidak mengecewakan. Troughput maksimal berada pada angka 76,409 Mbps. Sementara itu, troughput minimal pada angka 38,150 Mbps dan rata-ratanya pada 58,434 Mbps. Nilai ini, menurut kami lumayan bagus.

Jika dilihat dari bentuk kurva troughput pada NetIQ Chariot yang naik-turun dengan interval yang cukup jauh, kita dapat simpulkan bahwa kestabilan sinyal yang dimiliki Linksys WRT 310N masih belum maksimal dan perlu ditingkatkan oleh produsennya. Namun demikian, jika kita lihat pada respond time, walaupun kestabilan sinyal masih belum maksimal, Linksys WRT 310N masih cukup responsif, mengingat nilai rata-rata respond time yang terekam pada NetIQ Chariot berada pada angka 1,368 Mbps.

Lantaran Linksys WRT 310N juga memiliki fungsi sebagai router, maka kami menguji kinerja firewall yang ada di dalamnya. Kami menghubungkan router ini ke internet melalui nomor IP publik yang kami miliki. Situs web yang kami gunakan sebagai acuan pengujian keamanan port pada firewall Linksys WRT 310N adalah www.grc.com. Hasilnya, seluruh port berada pada kondisi tersembunyi (stealth). Hasil ini kami nilai sangat memuaskan. Tidak ada satu pun port komunikasi pada Linksys WRT 310N yang berada pada kondisi terbuka (open).

Dilihat dari sisi fitur pengamanan yang disediakan, Linksys WRT 310N kami nilai cukup royal. Dari Network Address Translation (NAT) yang menyembunyikan nomor-nomor IP lokal dan menampilkannya sebagai satu nomor IP publik di internet, Dynamic Domain Name Service (DDNS), MAC Address Cloning, sampai dengan fasislitas filter koneksi illegal (Anonymous Internet Request) untuk mencegah pencurian bandwidth internet, serta pemblokiran port komunikasi dan alamat situs web. Koneksi ke internet juga dapat dikontrol dengan sistem penjadwalan berdasarkan tanggal, jam, nomor IP client, serta durasi.


Untuk barikade pertahanan koneksi internet, router Linksys WRT 310N menyediakan fasilitas demilitary zone (DMZ) untuk memasang satu mesin berada di luar firewall. Port komunikasi juga dapat dipindahkan melalui fasilitas Port Forwarding agar tidak mudah ditebak sebagai well known port.



***



Dari sisi desain, Linksys WRT 310N membuka babak baru dalam sejarah access point. Jika biasanya didominasi bentuk kotak yang kaku, perangkat ini tampil seksi dengan lengkungan ala pesawat luar angkasa. Bentuknya yang unik ini dibarengi dengan kualitas sebagai acess point dan router yang jempolan, membuatnya ideal untuk jaringan kantor dan rumahan yang memerlukan kecepatan transfer data ekstra serta keamanan jaringan. (Vincent BTB)



Plus : Troughput yang cukup baik; keamanan port memuaskan; fasilitas keamanan dan routing sangat beragam.

Minus: Tidak dapat dihubungkan dengan antena luar



Spesifikasi Access Point-Router Linksys WRT 310N

Standar
IEEE802.11b/g/n

Konektor
1 konektor RJ-45 untuk WAN (internet), 3 konektor untuk LAN.

Mode operasi
Access point, router.

Kecepatan transfer data
100 Mbps.

Fitur
· DHCP server.

· Enkripsi paket data standar WPA & WPA-PSK.

· Network Address Translation (NAT).

· Port forwarding.

· Dynamic Domain Name Service (DDNS).

· MAC address cloning.

· Penjadwalan koneksi internet.

· Demilitary Zone (DMZ).

· Anonymous Internet Connection Request Filter.

Dimensi
202 X 34 X 160 mm.

Bobot
334 gram.

Kelengkapan
· Power adapter AC/DC 12 Volt, 1 Ampere.

· CD & buku user manual.

· Kabel RJ 45.

Garansi
1 tahun

Situs web
www.linksys.com

Kisaran harga
Rp 1.150.000,-


sumber: infokomputer.com



Router Nirkabel untuk Rumahan ala Linksys WRT 310N


CALIFORNIA - Selain merilis produk Wireless-G WVC54GCA, Linksys juga menghadirkan beberapa produk baru dalam lini produk Ultra RangePlus yang berstandar Wireless-N, di antaranya Wireless-N Gigabit Router WRT 310N.

Router seri WRT 310N menampilkan desain yang ramping serta enak dilihat. Tidak hanya itu, router ini juga dilengkapi dengan teknologi antena internal baru yang telah ditingkatkan sebagai produk yang disegmentasikan pada pengguna rumahan.

WRT 310N diciptakan agar mampu melengkapi aspek estetika setiap rumah sekaligus menandai tahap evolusi berikutnya dari karakteristik produk Linksys.

Linksys router seri WRT 310N dilengkapi dengan panduan proses pemasangan praktis berupa user guide. Panduan tersebut memberikan langkah-langkah mudah pemasangan router dengan interface yang baru.

Panduan yang dikemas dalam bentuk video flash dengan bahasa dan terminologi yang mudah dimengerti ini memungkinkan penggunanya untuk menginstalasi jaringan nirkabel sendiri secara lebih mudah.

Linksys WRT 310N saat ini baru tersedia di Amerika Serikat dan akan segera masuk ke pasar Asia Pasifik akhir kuartal pertama 2008, seperti dilansir Hawkee.com, Minggu (9/3/2008). Harga jualnya berkisar antara USD120 hingga USD208. (mbs).

sumber: http://techno.okezone.com/index.php/ReadStory/2008/03/09/55/90145/router-nirkabel-untuk-rumahan-ala-linksys-wrt-310n


3 komentar:

  1. pinter banget mbak sampeyan.btw belajar dimana?

    BalasHapus
  2. hei neh w maia dr SMK Negri 3 kota metro....

    blog,y cukup menarik....

    BalasHapus
  3. re Khomsun : hehe ah g' ko biaso wae..tu jga q cuma dapet ngopy..tu liat di bwah postingan'n kan da sumber postingan'n..
    re maia : iaa makasih..oia q jga pngen tau dong almat blog kmu.

    BalasHapus